7 Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan

7 Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan

Mentimun suri sering ditemui sebelum atau selama bulan Ramadhan untuk dijadikan takjil. Dengan kandungan air yang begitu banyak, suri mentimun adalah salah satu takjil favorit bagi masyarakat Indonesia.

Berbuka puasa tentu akan lebih segar dengan meminum minuman suri mentimun ini. Selain menyegarkan, mentimun suri juga memiliki beragam khasiat bagi tubuh yang sangat penting. Bahkan suri mentimun dapat mencegah datangnya penyakit berbahaya.

7 Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan
7 Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan

Karena itu, dengan kelezatan yang ditawarkan dan banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh Anda, tidak ada salahnya mengonsumsi mentimun pengganti secara rutin, terutama di bulan puasa ini. Anda juga perlu mengetahui manfaat suri mentimun bagi kesehatan untuk mencegah penyakit yang bisa menyerang kapan saja.

Selanjutnya kita telah meringkas dari berbagai sumber tentang manfaat mentimun suri untuk kesehatan:

1. Mengurangi Risiko Kanker

Salah satu manfaat luar biasa dari mentimun suri adalah dapat mengurangi risiko kanker. Ini karena buah yang satu ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor.

Kandungan saponin yang ditemukan dalam suri mentimun dapat mengurangi kolesterol untuk mencegah kerusakan metabolisme tubuh dan tentu saja juga mencegah pertumbuhan sel kanker.

2. Cegah Alzheimer

Manfaat mentimun berikutnya sama besar, yang dapat mencegah Alzheimer. Tentunya semua orang tahu bahwa penyakit Alzheimer sangat mematikan dan telah merenggut banyak korban. Dengan mengonsumsi suri mentimun yang kaya akan vitamin K, Anda dapat mencegah penyakit Alzheimer ini.

Vitamin K bertindak sebagai obat dalam membatasi kerusakan saraf di otak, yang nantinya akan mempengaruhi pencegahan Alzheimer. Selain itu, mentimun suri juga dapat meningkatkan massa tulang dan mengembangkan sendi osteoprotik.

3. Luncurkan sistem pencernaan

Mentimun suri adalah favorit untuk takjil iftar karena kaya akan air dan serat. Kandungan bahan-bahan ini tentu bisa memperlancar sistem pencernaan Anda. Orang yang menderita tukak lambung, sembelit, radang lambung atau bisul lambung dapat mengkonsumsi buah ini sehingga penyakitnya tidak kambuh, terutama saat puasa.

Tentu saja penyakitnya akan sangat mengganggu saat Anda berpuasa. Apalagi dengan sehari tidak mendapatkan makanan dan minuman. Jadi jangan ragu mengonsumsi mentimun pengganti saat berbuka puasa atau saat sahur.

4. Konsumsi penderita diabetes yang baik

Mentimun suri juga baik untuk penderita diabetes. Bagi penderita diabetes, konsumsi gula dan makanan manis secara berlebihan akan menyebabkan gula darah naik lebih tinggi, sehingga tidak boleh sembarangan dalam memilih makanan atau minuman.

Tetapi dengan kandungan karbohidrat kompleks dalam suri mentimun, itu bisa membuat gula darah naik perlahan dan aman bagi penderita diabetes. Ini sangat efektif dan berguna saat puasa karena lonjakan gula darah dapat terjadi pada penderita diabetes. Sehingga Anda yang memiliki riwayat diabetes dapat mengonsumsi mentimun saat puasa agar lebih sehat.

5. Menghilangkan racun dari tubuh

Kandungan serat dan air dalam suri mentimun juga memiliki manfaat dalam menghilangkan racun dari tubuh. Dengan konsumsi suri mentimun, makanan Anda telah menjaga organ-organ penting dalam tubuh dari racun yang bersumber dari polusi dan makanan dan minuman yang menumpuk di dalam tubuh. Ini penting karena, jika racun itu tidak dilepaskan, tubuh akan terserang berbagai penyakit.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Timun suri juga memiliki dampak baik pada kesehatan kulit. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam suri mentimun dapat mencegah penuaan dini dan melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh.

7. Menyehatkan Kuku dan Rambut

Timun suri juga merupakan buah yang tepat untuk dikonsumsi untuk menutrisi kuku dan rambut. Dengan jus buah ini, Anda bisa menjaga kuku Anda dari patah dan patah.

Sedangkan untuk rambut, dapat meningkatkan ketebalannya. Ini tentu saja sangat bermanfaat bagi Anda yang rambutnya mulai menipis. Tapi tetap saja Anda harus merawat rambut Anda tidak hanya dengan mentimun bermuka masam.

 

Leave a Reply