8 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan Tubuh

Banyak ahli sepakat bahwa mentimun memiliki banyak manfaat. Buah yang biasa digunakan untuk salad adalah buahnya yang memiliki segudang manfaat, mulai dari detoksifikasi tubuh, mencegah dehidrasi hingga obat haus ketika musim panas tiba.

Tidak hanya itu, mentimun juga disinyalir mampu membuat Anda sehat dan meningkatkan kecantikan. Ya, mengkonsumsi mentimun secara teratur dapat berdampak baik pada kulit. Selain itu, mentimun juga bisa diolah menjadi masker yang nantinya bisa dioleskan ke kulit.

8 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan Tubuh
8 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah manfaat mentimun lainnya yang disajikan oleh Ahli Kebugaran dan Nutrisi Sonia Narang dan Ahli Kecantikan Organik Sonia Mathur dari India dan ulasan mereka:

1. Mentimun terdiri dari 95 persen air yang membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mengisinya dengan menghilangkan racun. Kandungan air yang tinggi dalam mentimun berfungsi sebagai pembersih sistem dan menyapu produk limbah dari sistem.

2. Mentimun kaya akan serat, kalium, dan magnesium. Semua nutrisi ini efektif menurunkan tekanan darah. Selain itu, sifat diuretiknya yang ringan karena kandungan kalium dan airnya yang tinggi juga membantu mengatur tekanan darah.

3. Menenangkan kulit. Oleskan jus mentimun langsung ke kulit untuk mendapatkan kesegaran secara instan. Mentimun mengandung kalium dan sangat ideal untuk kulit kering.

4. Kurangi lingkaran hitam di mata. Taruh irisan mentimun di mata setiap hari selama 8-10 menit untuk mengurangi lingkaran hitam dan bengkak di sekitar mata. Atau cukup gunakan parutan mentimun untuk kulit halus dan segar.

5. Kandungan air yang tinggi dan sifat anti-inflamasi mentimun dapat membantu merawat kulit kering. Campur jus mentimun dengan yogurt atau jus lemon dan biarkan di kulit selama 10-15 menit setiap hari. Metode ini akan meringankan kulit yang terbakar matahari dan juga dapat mengobati luka bakar akibat sinar matahari ringan.

6. Mentimun membantu melepaskan panas berlebih di perut Anda yang dikatakan sebagai penyebab utama bau mulut. Pegang irisan mentimun di langit-langit dengan lidah selama 30 detik. Reaksi kimia yang terkandung dalam sayuran ini dapat membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut.

7. Biji timun adalah gudang potasium dan Vitamin E yang membantu mengurangi kerutan, garis-garis halus, noda dan tanda-tanda penuaan lainnya. Cara sederhana lain untuk menjaga kulit Anda cerah dan bercahaya adalah dengan mengonsumsi air secara teratur dengan irisan mentimun tambahan.

8. Mentimun terdiri dari sejumlah besar silika, yang baik untuk perawatan kuku dan rambut. Selain membuat kuku dan kuku kaki lebih kuat, makan banyak mentimun juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Leave a Reply