7. Manfaat Kacang Panjang yang Jarang di Ketahui Orang Banyak

7. Manfaat Kacang Panjang yang Jarang di Ketahui Orang Banyak

Persiapan kacang panjang telah menjadi makanan ringan untuk orang Indonesia setiap hari. Kacang panjang biasanya ditumis, direbus, atau dimakan mentah. Namun, tampaknya manfaat kacang panjang tidak boleh diremehkan.

Nutrisi kacang panjang membuat manfaat kacang panjang sangat berarti bagi kesehatan. Dalam porsi 100 gram kacang, mengandung 47 kalori, 4 gram natrium, 8 gram total karbohidrat, dan 3 gram protein.

7. Manfaat Kacang Panjang yang Jarang di Ketahui Orang Banyak
7. Manfaat Kacang Panjang yang Jarang di Ketahui Orang Banyak

Kacang panjang mengandung sifat antioksidan, antibakteri, antivirus dan antikanker. Kacang panjang mengandung beta-karoten, Vitamin C, B1 dan B2, klorofil, riboflavin, protein, fosfor, tiamin, serat, zat besi, pektin dan rendah kalori. Kacang panjang memberikan mineral yang memadai seperti tembaga, kalsium, besi, mangan, dan magnesium.

Dari berbagai bahan yang dimiliki, pastinya manfaat kacang panjang begitu nyata saat dikonsumsi. Bagi Anda yang suka mengonsumsi kacang panjang, manfaat kacang berikut yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber:

1. Kesehatan kulit

Manfaat kacang panjang adalah yang pertama menghasilkan vitamin C yang cukup tinggi. Studi menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi vitamin C dalam jumlah tinggi akan mengurangi munculnya keriput, mengurangi kekeringan pada kulit dan memperlambat proses penuaan.

Vitamin C sangat penting untuk kulit, ligamen, pembuluh darah, dan tendon. Ini mempercepat proses penyembuhan.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa krim kulit yang mengandung vitamin C tinggi mengurangi kemerahan pada kulit. Makanan kaya antioksidan juga membantu mencegah kanker kulit. Kacang panjang mengandung vitamin C di dalamnya.

2. Mengurangi risiko rematik dan gangguan tidur

Karena kacang panjang kaya akan vitamin C, manfaat kacang panjang juga dapat mengurangi risiko asam urat, yang merupakan kondisi menyakitkan yang menimpa sendi dan otot.

Ini karena asam urat yang tinggi membentuk kristal pada persendian. Dalam sebuah penelitian, mereka yang mengonsumsi 1000-1499 mg Vitamin C, kemungkinan terkena asam urat menurun hingga 31%.

3. Tidur lebih baik

Kekurangan magnesium adalah penyebab gangguan tidur seperti hiperaktif, gelisah dan gelisah. Magnesium sangat penting untuk menenangkan otak dan meningkatkan relaksasi. Kacang panjang memberikan jumlah magnesium yang cukup yang secara efektif mengobati gangguan tidur.

4. Cegah radikal bebas dan kanker

Vitamin C adalah antioksidan yang mencegah kerusakan akibat radikal bebas, polutan, dan bahan kimia beracun. Penumpukan radikal bebas menghasilkan kondisi kesehatan seperti penyakit jantung, kanker dan radang sendi. Radikal bebas diciptakan selama gangguan makanan atau ketika terpapar tembakau, asap atau radiasi.

Kacang segar mengandung vitamin C dalam jumlah yang baik. Kacang panjang 100 g menyediakan 18,8 mg, atau 31% vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang larut dalam air, dan ketika diberikan cukup dalam makanan, itu membantu membangun kekebalan untuk melawan infeksi, berkontribusi menjaga elastisitas pembuluh darah, dan menawarkan perlindungan dari kanker.

Kekurangan folat meningkatkan kemungkinan kanker usus besar, payudara, leher rahim, paru-paru dan otak. Bukti menunjukkan bahwa asupan makanan kaya folat mencegah perkembangan kanker termasuk kacang panjang.

Studi ini menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi 900 mikrogram folat setiap hari, kemungkinan kanker kolorektal berkurang 30%.

5. Kehamilan yang sehat

Selama kehamilan, makanan kaya folat dalam jumlah yang cukup membantu mengurangi kemungkinan cacat tabung saraf seperti anencephaly dan spina bifida. Cacat lahir seperti kelainan kaki dan jantung adalah akibat dari kekurangan folat.

Kacang panjang adalah salah satu sumber folat terbaik. 100 g kacang panjag menyediakan 62 μg atau 15% dari kebutuhan harian folat. Folat bersama dengan vitamin B-12 adalah salah satu komponen penting dari sintesis DNA dan pembelahan sel.

Sangat penting untuk memiliki kehamilan yang sehat. Makanan kaya folat mengurangi kemungkinan cacat tabung saraf sebesar 26%.

6. Meningkatkan imunitas

Kacang panjang juga mengandung tiamin. Tiamin meredam otot-otot dinding saluran pencernaan. Tiamin membantu dalam sekresi asam klorida yang dibutuhkan untuk pencernaan partikel makanan dan penyerapan nutrisi.

Pencernaan yang sehat membantu menyerap nutrisi dengan baik sehingga dapat meningkatkan imunitas.

Antioksidan dalam kacang panjang yang larut dalam air membantu membangun kekebalan untuk melawan infeksi. Manfaat kacang panjang baik untuk sistem kekebalan tubuh.

7. Kesehatan mata

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa tiamin dapat membantu melindungi diri terhadap masalah penglihatan seperti katarak dan glaukoma. Ini karena kemampuannya untuk mempengaruhi pensinyalan saraf dan otot, yang penting dalam menyampaikan informasi dari mata ke otak.

Selain itu, kacang panjang adalah sumber vitamin A yang sangat baik. Pada 865 IU per 100 g Kacang panjang memiliki lebih banyak vitamin ini daripada kacang lainnya seperti kacang lima, fava, kacang hijau, dan lainnya.

Vitamin-A adalah salah satu vitamin penting bagi tubuh yang disediakan melalui makanan. Vitamin-A menjaga integritas mukosa, meningkatkan warna kulit, dan meningkatkan penglihatan pada malam hari.

Leave a Reply