10 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh

Jangan katakan Anda orang Indonesia jika Anda tidak tahu bawang merah (Allium cepa L). Tentu saja sebagai orang Asia Tenggara, Anda sudah tahu salah satu perasa ini.

Kandungan bawang merah biasanya digunakan sebagai bumbu dalam masakan, yaitu umbi yang digunakan sebagai bawang goreng. Sementara daun bawang untuk penyedap.

Kandungan vitamin dan nutrisi hanya bisa bermanfaat jika dikonsumsi hanya mentah. Ketika dimasak, vitamin dan nutrisi akan berkurang dan bahkan hilang. Dikutip dari beberapa sumber, berikut ulasannya:

10 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh

1. Membantu Mencegah Kanker

Isi bawang merah disebut quercetin. Quercetin adalah zat alami yang membuat bawang berwarna merah. Menurut Pusat Medis Universitas Maryland, quercetin adalah antioksidan yang memainkan peran penting dalam memerangi efek radikal bebas berbahaya dalam tubuh. Salah satu efek dari penumpukan radikal bebas adalah kanker.

Antioksidan seperti quercetin dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa zat quercetin dalam bawang merah mentah mampu mencegah pertumbuhan sel kanker paru-paru, kanker prostat, kanker ovarium, kanker usus besar, dan kanker endometrium.

2. Mengurangi Tekanan Darah

Dalam jurnal Pharmacological Reports yang diterbitkan tahun 2009, dinyatakan juga bahwa quercetin yang cukup tinggi dalam bawang merah dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi berisiko mengalami berbagai penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung kronis, stroke, gagal ginjal, dan diabetes mellitus.

3. Membantu Menormalkan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah tinggi telah terbukti menyebabkan diabetes mellitus. Menurut Pusat Pencegahan Pengendalian Penyakit, kadar gula darah tinggi adalah sumber dari semua penyakit degeneratif dan penyakit kronis.

Sebuah penelitian yang dilakukan di wilayah Sudan, orang dengan diabetes mellitus tipe 1 dan tipe dua yang mengonsumsi bawang merah terbukti memiliki jumlah gula darah normal dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

Studi lain yang diterbitkan dalam Environmental Health Insight juga membuktikan hal yang sama bahwa bawang merah mampu mengurangi kadar gula darah. Para ahli menyimpulkan bahwa bawang merah memang mampu meningkatkan kadar insulin dan membantu proses glikolisis pada penderita diabetes yang menyebabkan penurunan kadar gula darah.

4. Meredakan Tenggorokan

Manfaat bawang merah mentah dapat mengobati sakit tenggorokan. Jus bawang merah segar dapat meredakan tenggorokan karena batuk dan pilek. Untuk menambah rasa, tambahkan gula merah atau madu ke jus bawang.

5. Mengontrol Diabetes

Flavonoid dalam bawang merah membantu mengobati banyak penyakit, salah satunya adalah diabetes. Beberapa penelitian juga menunjukkan manfaat bawang merah mentah yang meningkatkan produksi insulin dan membantu mengendalikan berat badan terkait diabetes. Sifat-sifat tertentu dari bawang merah membantu menstimulasi sekresi insulin, yang mengurangi respons peradangan yang terkait dengan diabetes.

6. Jantung sehat

Kemanjuran bawang merah mentah dapat membuka arteri tertutup dan mengontrol tekanan darah tinggi. Karena itu, makan bawang merah secara teratur dapat mencegah penyakit jantung koroner.

7. Tingkatkan Stamina Pria

Manfaat bawang merah tidak hanya untuk kesehatan. Namun, khasiat bawang merah untuk pria juga dapat membantu sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat membuat seseorang lemah, mudah lelah, dan bergerak perlahan di atas ranjang.

Tetapi makan bawang merah secara teratur dapat mencegah semua itu. Kandungan fitokemikal dalam bawang bombay dapat mendorong vitamin C untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga racun berbahaya yang menyebabkan berbagai penyakit dapat dikeluarkan dari tubuh.

8. Meningkatkan Kesehatan Otak

Kandungan bawang merah yang dapat meningkatkan kesehatan otak adalah adanya folat. Ini adalah salah satu dari delapan vitamin B dan meningkatkan fungsi otak dengan berkontribusi pada kesehatan mental dan emosional. Folat juga melindungi DNA dan RNA tubuh Anda.

Manfaat lain bawang merah mentah adalah zat besi yang juga sangat penting untuk fungsi otak. Bawang merah juga mengandung senyawa lain yang disebut pyrithione, yang ditemukan untuk melawan peradangan otak dan meningkatkan aktivitas neurologis.

Sifat anti-inflamasi bawang juga dapat membantu mencegah Alzheimer, gangguan yang ditandai dengan kehilangan memori. Bawang merah juga dapat menenangkan saraf dan mengobati iritasi saraf.

9. Mengandung Protein untuk Kesehatan Tubuh

Bawang merah tidak mengandung terlalu banyak protein. Per porsi bawang merah seberat 148 gram hanya ada 1 gram protein. Namun, bawang ini dapat digunakan sebagai makanan pelengkap seperti cabai mentah, untuk resep nasi goreng bumbu, atau makanan lainnya. Protein dalam bawang merah baik untuk menjaga dan membangun sel-sel jaringan yang sehat.

10. Meningkatkan Kekebalan

Protein dan peptida dalam kandungan bawang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat bawang merah mentah juga memiliki efek antioksidan yang membantu melawan penyakit dan infeksi umum. Beberapa penyakit ini termasuk pilek, flu, demam, dan bronkitis.

Jika Anda tidak suka makan bawang merah dalam keadaan mentah, Anda harus mencoba dengan mencampur bawang merah menjadi makanan favorit seperti pecel, urap, burger, atau salad sayuran.

Leave a Reply