Kalori Rendah, 7 Manfaat Kesehatan Rebung

Kalori Rendah, 7 Manfaat Kesehatan Rebung

Renyah dan mudah diproses, membuat rebung sering digunakan sebagai bahan utama hidangan lezat seperti kari atau sayur berkuah. Tidak hanya enak di lidah, rebung ini juga tampaknya memiliki beberapa manfaat kesehatan yang tak terduga.

Kandungan seratnya yang tinggi membuat rebung cocok untuk dimakan sebagai menu diet. Selain itu, rebung juga efektif mencegah kanker karena klorofil tersimpan di dalamnya.

Kalori Rendah, 7 Manfaat Kesehatan Rebung
Kalori Rendah, 7 Manfaat Kesehatan Rebung

Jangan berhenti di situ, masih banyak manfaat rebung yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut ini ringkasan tujuh manfaat rebung untuk kesehatan:

1. Menurunkan berat badan

Rebung sangat baik untuk menurunkan berat badan. Sayuran yang satu ini kaya serat, tetapi minim gula dan kalori, sehingga bisa membantu menumpahkan lemak dalam sistem pencernaan, dan menjaga perut kenyang lebih lama.

2. Menjaga kesehatan jantung

Menurut sebuah penelitian, fitosterol dan fitonutrien yang ditemukan dalam rebung sangat efektif dalam mencegah dan melarutkan kolesterol jenuh yang disimpan dalam tubuh. Tidak hanya itu, kandungan serat di dalamnya juga berguna untuk memudahkan kolesterol jenuh keluar dari tubuh melalui kotoran.

3. Kontrol kadar kolesterol

Dilaporkan oleh Organic Facts, sebuah studi yang dilakukan oleh Park dan Jhon dari Washington State University menunjukkan bahwa mengkonsumsi rebung secara teratur memiliki efek yang baik pada kolesterol, lipid, dan fungsi usus. Rebung dapat membantu mengontrol kadar kolesterol jenuh dalam tubuh dan juga membantu menstabilkan kadar kolesterol jenuh berlebih.

4. Mengobati kanker

Tidak hanya menjaga kesehatan jantung, menurut sebuah penelitian, kandungan pitosterol dalam rebung juga bermanfaat untuk meredakan gejala kanker. Tidak hanya itu, klorofil dalam rebung dipercaya dapat membantu menghambat penyebaran kanker dalam tubuh.

5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan dalam rebung sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketiga zat ini dapat membantu memaksimalkan produktivitas kekebalan tubuh, sehingga akan meminimalkan risiko penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

6. Usus sehat

Kandungan serat alami pada rebung sangat tinggi. Memasukkan rebung ke dalam menu harian akan membantu memaksimalkan sistem pencernaan. Selain itu, rebung juga minim glukosa dan kalori sehingga sangat aman bagi seseorang yang berdiet, bahkan bagi penderita diabetes.

7. Meredakan peradangan

Menurut sebuah penelitian, rebung memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik (penghilang rasa sakit), yang dapat membantu mengurangi peradangan yang terjadi akibat reaksi penyakit. Tidak hanya itu, mengoleskan luka dengan rebung dipercaya dapat membantu proses penyembuhan luka.

Leave a Reply