Sering Dikonsumsi, Ini Adalah 7 Makanan Yang Memicu Kanker

Sering Dikonsumsi, Ini Adalah 7 Makanan Yang Memicu Kanker

Menjadi salah satu penyakit mematikan, kanker selalu menjadi momok yang menakutkan bagi semua orang. Kanker dapat menyerang siapa saja, terutama orang yang mengadopsi gaya hidup tidak sehat.

Untuk menghindari risiko kanker, menjalani gaya hidup sehat seperti menjaga pola makan, meningkatkan olahraga, dan pemeriksaan kesehatan rutin sangat diperlukan. Ada beberapa makanan yang harus Anda hindari untuk meminimalkan risiko terkena kanker. Makanan apa? Berikut adalah tujuh makanan penyebab kanker seperti yang dilaporkan oleh Women’s Health Mag:

Sering Dikonsumsi, Ini Adalah 7 Makanan Yang Memicu Kanker
Sering Dikonsumsi, Ini Adalah 7 Makanan Yang Memicu Kanker

1. Daging merah

Berbagai jenis daging merah, mulai dari sapi, domba, kambing, hingga babi rupanya dapat memicu risiko kanker. Sebuah studi tahun 2015 yang dilakukan oleh Badan Internasional untuk Penelitian Kanker mengungkapkan bahwa mengkonsumsi daging merah terlalu sering berkaitan erat dengan risiko kanker pankreas, kolorektal dan lambung.

Tidak hanya itu, menurut penelitian lain yang diterbitkan pada tahun yang sama, teknik memasak daging dengan membakar akan meningkatkan risiko kanker. Yang terbaik adalah membatasi makan daging merah dengan jumlah maksimum 1800 gram per minggu.

2. Gorengan

Gorengan memiliki sejumlah lemak jahat yang berbahaya bagi kesehatan, terlalu sering makan dapat memicu penumpukan lemak dan akhirnya menyebabkan obesitas. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Cancer, mengonsumsi makanan yang digoreng secara teratur akan meningkatkan risiko kanker payudara dan usus besar.

3. Makanan kaleng

Menurut sebuah studi dalam Environmental Research Journal, sebagian besar makanan kaleng mengandung senyawa bisphenol-A (BPA) yang dapat digunakan sebagai perusak DNA. Tidak hanya itu, makanan kaleng juga mengandung bahan pengawet dan bahan kimia yang tidak baik untuk kesehatan, sehingga bisa memicu kanker dan diabetes tipe 2.

4. Minuman beralkohol

Hidangan terakhir yang dapat meningkatkan risiko kanker adalah minuman beralkohol. Padahal, minum minuman ini secara teratur dianggap memicu risiko sel kanker, mulai dari hati, kanker payudara, hingga kanker usus besar. Selain itu, wanita yang sering minum alkohol setiap hari memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker daripada wanita lain.

5. Keripik Kentang

Keripik kentang mengandung akrilamida yang cukup tinggi. Zat pemicu kanker ini muncul melalui makanan yang dipanaskan hingga suhu tinggi melalui proses memanggang atau menggoreng. Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa zat akrilamida yang terkandung dalam keripik kentang dapat memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

6. Pestisida buah

Kelompok Kerja Lingkungan menemukan 98 persen produk konvensional, termasuk buah-buahan yang terkontaminasi pestisida, dapat menyebabkan kanker. Tidak hanya itu, ibu hamil yang mengonsumsi buah atau sayuran dengan pestisida memiliki kecenderungan untuk melahirkan bayi dengan berat badan rendah. Karena itu, pastikan untuk mencuci buah dan sayuran berulang kali hingga benar-benar bersih.

7. Gula halus

Siapa sangka, ternyata gula rafinasi yang umumnya digunakan sebagai hiasan untuk makanan manis dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Kelebihan kadar glukosa dalam gula rafinasi dipercayai menyebabkan lonjakan kadar insulin, sehingga berpeluang menumbuhkan sel kanker dalam tubuh manusia.

Leave a Reply