5 Jenis Makanan yang Mempercepat Proses Penuaan

5 Jenis Makanan yang Mempercepat Proses Penuaan

Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami proses penuaan. Ini biasanya akan dimulai dengan munculnya garis-garis halus dan kerutan di permukaan wajah.

Namun, tidak perlu menunggu lama, ternyata proses penuaan bisa terjadi lebih cepat, atau sering disebut penuaan dini. Ya, gaya hidup yang tidak sehat adalah penyebabnya, terutama dalam hal mengonsumsi makanan.

5 Jenis Makanan yang Mempercepat Proses Penuaan
5 Jenis Makanan yang Mempercepat Proses Penuaan

Tidak boleh makan sembarangan, ada sejumlah makanan yang harus dihindari untuk mencegah penuaan dini. Dilansir oleh Reader Digest, berikut adalah lima jenis makanan yang dapat menyebabkan proses penuaan terjadi lebih cepat:

1. Makanan tinggi protein

Seperti diketahui, meski sehat, beberapa makanan tinggi protein seperti daging, telur, dan keju mengandung sejumlah lemak jenuh yang bisa memengaruhi kesehatan. Mengkonsumsi makanan ini secara berlebihan akan memicu beberapa masalah kesehatan, seperti penambahan berat badan, peradangan, hingga peningkatan kolesterol jenuh dalam tubuh.

Tidak hanya itu, terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi protein juga dapat mencegah penyerapan nutrisi, yang jika tidak segera diatasi dapat memicu penuaan dini. Ini bisa menjadi lebih buruk jika tidak diimbangi dengan gaya hidup sehat dan olahraga.

2. Makanan tinggi garam

Mengonsumsi makanan tanpa sedikit garam tentu tidak enak. Meski demikian, mengonsumsi makanan tinggi garam secara berlebihan juga tidak baik, karena dapat menyebabkan penuaan dini.

Ya, garam mengikat air dalam tubuh, dan terlalu banyak mengonsumsi garam akan menyebabkan tubuh menahan air, yang akan membuat perut kembung. Di sisi lain, garam juga bisa menyebabkan pembengkakan dan kulit kusam. Ini tentu akan membuat wajah Anda bertambah tua.

3. Alkohol

Untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit, tubuh membutuhkan asupan air yang berlimpah. Karena itu, kami dianjurkan untuk mengonsumsi lebih banyak air. Tidak hanya itu, dianjurkan untuk menghindari alkohol. Minuman ini dapat menyebabkan dehidrasi, sehingga akan membuat kulit terlihat kering dan keriput.

3. Makanan yang digoreng

Meski lezat, makanan yang diproses dengan cara digoreng tampaknya menyebabkan penuaan dini. Ya, selain minim nutrisi, makanan yang digoreng kaya akan minyak trans dan lemak.

Kandungannya akan membuat kulit wajah kusam dan mudah kusut. Karena itu, Anda harus menghindari berbagai makanan yang digoreng dan mengonsumsi makanan yang tinggi antioksidan sehingga kesehatan kulit selalu terjaga.

4. Minuman bersoda

Seperti diketahui, minuman bersoda mengandung sejumlah gula buatan yang tidak baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti kerusakan gigi, tekanan darah tinggi, diabetes, dan penuaan dini.

Ya, kelebihan asupan gula dalam tubuh dapat menyebabkan pertumbuhan Advanced Glycation End-products (AGEs). Zat-zat ini dapat memicu munculnya garis-garis dan kerutan di dahi, serta mengurangi elastisitas kulit. Untuk meminimalkan hal ini, disarankan untuk menghindari minuman bersoda, dan memilih minuman dengan kandungan gula alami.

5. Minuman berenergi

Terlalu sering minum minuman berenergi juga dapat menyebabkan penuaan dini. Ya, minuman jenis ini bisa mengikis enamel atau lapisan luar gigi, sehingga akan membuat gigi menguning. Tidak hanya itu, minuman berenergi juga akan meningkatkan risiko kehilangan gigi. Ini tentu saja akan membuat penampilan menjadi lebih tua dari usia yang sebenarnya.

Leave a Reply